Langsung ke konten utama

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Karena Masuk Angin


Selera Rasa – Jika Anda merasa kembung sepanjang waktu, menderita sembelit kronis atau mulas, Anda mungkin memiliki sistem pencernaan yang lamban. Ini berarti bahwa makanan di perut dan usus Anda bergerak terlalu lambat. Gejala-gejala kembung dan sembelit dapat menjadi tidak nyaman dan berkontribusi terhadap gejala-gejala lain seperti lesu dan depresi.

Ketika makanan bergerak terlalu lambat melalui saluran pencernaan, fermentasi dan pembusukan terjadi. Kerusakan makanan mengoptimalkan medan pertumbuhan bakteri berbahaya. Bakteri ini mengeluarkan metabolit yang menyebabkan peradangan di usus. Peradangan kronis kemudian berkontribusi pada pencernaan yang lebih lambat, belum lagi masalah sistemik seperti kelelahan dan depresi. Ini disebabkan oleh fakta bahwa metabolit bakteri berbahaya ini dapat menembus sawar usus, masuk ke aliran darah, dan bahkan melintasi sawar darah otak!

Ada hal-hal diet yang dapat Anda lakukan untuk "mengencangkan" sistem pencernaan Anda. Langkah paling penting yang dapat Anda ambil adalah meningkatkan serat. Serat mentah berasal dari buah-buahan dan sayuran. Serat bekerja lebih banyak pada otot-otot usus daripada makanan yang dimasak, sehingga mengencangkan otot. Serat juga membantu mengambil sampah saat bergerak melalui usus yang membantu dalam pembersihan. Selain serat, buah dan sayuran mentah mengandung enzim hidup yang membantu proses pencernaan.

Mengonsumsi makanan yang membutuhkan lebih sedikit asam klorida (HCL) secara signifikan membantu meringankan beban pencernaan. Protein hewani menggunakan banyak HCL, jadi memodifikasi asupan protein Anda akan menghemat energi dan mempercepat pencernaan.

Ada suplemen ampuh yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan. Enzim pencernaan yang termasuk HCL dapat membantu. Enzim empedu sapi dan pankreas juga mungkin diperlukan, terutama seiring bertambahnya usia. Probiotik banyak digunakan untuk membantu mengatasi sembelit atau diare.

Pencernaan yang optimal membutuhkan sistem saraf yang sehat dan neurotransmiter tertentu. Jika dicurigai pencernaan Anda yang lamban disebabkan oleh stimulasi saraf yang tidak mencukupi, obat energi seperti akupunktur atau manipulasi kranial sakral dapat menjadi alat yang kuat dalam membantu fungsi saraf. Ada juga suplemen yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi neurotransmitter untuk Serotonin dan Dopamin.

Akhirnya, seseorang tidak dapat mengabaikan microbiome ketika bekerja dengan sistem pencernaan. Mikrobioma terdiri dari semua mikroba yang ada di tubuh Anda ... yang baik, yang buruk, dan yang jelek. Tahukah Anda bahwa Anda memiliki lebih banyak mikroba daripada sel? Melalui proses metabolisme mereka, mikroba menghasilkan metabolit ... beberapa baik, beberapa berbahaya.

Banyak bakteri baik sangat penting untuk metabolisme ramah mereka seperti serotonin, dopamin, dan asam butirat. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan medan internal Anda untuk pertumbuhan bakteri ramah, dan menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi orang jahat. Ini berarti meminimalkan fermentasi dan pembusukan makanan di usus Anda!

Artikel Terkait

Komentar

© Pengen Masak Design by Seo v6